1400 Pesaing Batik Besurek Tetap Unggul

Tidak ada komentar 137 views

Bengkulu, in- Kabar gembira datang dari tim yang mewakili tim Provinsi Bengkulu mengikuti pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019.

Bagai mana tidak, melalui momentum ini batik Besurek mendapat pengakuan dunia sebagai kekayaan khas Indonesia. Dalam pameran ini bengkulu mengambil bagian tiga bot stand pameran pengusaha dan pengerajin.

3 perwakilan bengkulu adalah binaan bank Indonesia perwakilan bengkulu. 1400 stand inacraft di Jakarta Convention Center Senayan di penuhi dengan produk kerajinan. Perwakilan Maroko, salah satu pesaing bengkulu yang cukup mempengaruhi daya tarik selain produk lainnya yang juga berperan dalam pameran tersebut.
Gubernur Bengkulu Rohadi menyempatkan diri untuk mengunjungi stand pameran di jakarta pada hari Rabu 24 April 2019 lalu.

“Kita bangga Besurek Bengkulu bisa hadir bersama ribuan stand kerajinan. Muda – mudahan Besurek dapat merambah pasar nasional bahkan internasional” Kata gubernur.

Batik, lanjut Rohidin, sudah diakui dunia sebagai kekayaan khas Indonesia. Besurek, batik Bengkulu juga menambah ragam batik Indonesia yang hendaknya populer sejajar dengan batik-batik dari berbagai daerah di Nusantara.

“Desain besurek juga kekinian dan elegan, sehingga semakin diminati seluruh kalangan. Ayo mulai dari kita masyarakat Bengkulu kita tunjukkan kebanggaan kita mengenakan kain besurek,” ajak Rohidin.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPR RI Dewi Coryati mengatakan, melalui Badan Ekonomi Kreatif, dirinya berupaya meningkatkan tumbuhnya UKM. Selain itu, peningkatan kapasitas pelaku usaha serta pengrajin di Bengkulu.

“Kita mendorong tumbuhnya UKM UKM, juga peningkatan pelaku UKM agar bisa mengikuti pasar. Khusus besurek, kita terus dorong melalui pelatihan desain,” demikian tutur Dewi Coryati. (RM/Adv)