17 Ribu Nakes di Bengkulu Masih Kekurangan Vaksin Covid-19 

Bengkulu,in – Vaksin Covid-19 (Sinovac) dari PT. Biofarma tiba di Bengkulu pada Senin (4/1). Vaksin tahap awal tersebut diperuntukan bagi 17 ribu tenaga kesehatan di Bengkulu dinilai masih kurang.

“Sebanyak 20.280 dosin vaksin covid-19 sudah tiba di gudang penyimpanan Dinkes Provinsi Bengkulu,” kata kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni saat diwawancara (04/01).

Herwan mengatakan, vaksin sebanyak 20.280 dosis ini seharusnya hanya diperuntukan bagi 14 ribu orang. Sedangkan berdasarkan data yang ada jumlah data tenaga kesehatan di Provinsi Bengkulu sebanyak 17 ribu orang.

Herwan menjelaskan, jika peruntukan bagi 17 ribu seharunya 34 ribuan dosis, karena satu orang harus mendapat 2 dosis vaksin. Namun dalam waktu dekat kekurangan vaksin untuk Bengkulu itu akan dikirim kembali.

“Karena satu orang akan mendapat 2 dosis vaksin. Satu dosis pertama disuntikan, lalu 14 hari kedepan akan diberikan dosis ke dua,” ungkap Herwan.

Herwan menambahkan, untuk sementara ini vaksin tersebut disimpan didalam ‘coll room’ (Ruang pendingin). Karena sesuai perintahnya vaksin tersebut belum boleh dibuka.

Diketahui hari ini terdapat 24 kasus covid-19 dan 3.757 kasus positif yang tersebar di provinsi Bengkulu.(red)