250 Juta Jika Langgar Teribum

Tidak ada komentar 122 views

Bengkulu selatan,independentnusantara.com – Rapat pinalisasi penetapan sanksi terhadap yang melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ketertiban dan ketentraman umum (Tribum) di gelar di ruang rapat Komsi I DPRD BS. Melibatkan bagian hokum, Sapol PP, dan Komisi I DPRD BS. Pinalisasi sanksi denda mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp 250 juta.

“Raperda tribum sudah dibahas, bagi yang melanggar diberikan sanksi,”ujar ketua Komisi 1 DPRD BS, Dodi Martian S Hut MM saat memimpin rapat.

Ditegaskan Dodi, pada rancangan perda tribum ada 12 ketertiban dan ketentraman umum diatur yakni tertib jalan dan angkutan jalan, tertib jalur hijau, taman, dan tempat umum, tertib sungai, saluran, kolam dan pinggir pantai, tertib lingkungan, tertib tempat usaha dan usaha tertentu, tertib lokasi dan usaha pariwisata, tertib kependudukan, tertib bangunan, tertib pemilik dan penghuni bangunan, tertib sosial, dan tertib kesehatan serta tertib peran serta masyarakat.

“Raperda tribum ada 12 item yang diatur, jika dilanggar akan dikenakan sanksi, dan dalam waktu dekat akan diparipurnakan hanya saja waktuya belum diketahui,’’tegas Dodi.

Sambung Dodi, dalam raperda tersebut ada 3 macam yang akan diberikan kepada pelanggar yakni sanksi pencabutan izin, sanksi denda dan juga sanksi polisional. Untuk sanksi pencabutan izin ini dilakukan dengan cara pemberian teguran tertulis pertama, kedua yang disertai pemanggilan, ke tiga, kemudian direkomendasikan pencabutan izin kepada instansi bersangkutan.

Sedangkan untuk sanksi polisional yakni sanksi yang diambil dalam penegakan peraturan guna terciptanya ketentraman dan ketertiban umum. Diharapkan perda tribum dapat dipatuhi seluruh lapisan masyarakat BS. Setelah ini disahkan menjadi tanggung jawab satpol PP BS untuk menegakannya,’’pungkas Dodi.(111)