5 Kudapan Lezat Serba Kurma untuk Buka Puasa

Tidak ada komentar 125 views

Independentnusantara.com- Saat tiba waktunya berbuka puasa, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan manis sebagai menu pembuka. Makanan bercita rasa manis dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang akibat berpuasa selama 12 hingga 13 jam.

Dan, di antara banyaknya makanan manis yang ada selama bulan Ramadhan, kurma menjadi salah satu menu pembuka yang paling direkomendasikan. Berasal dari wilayah Timur Tengah, buah bertekstur lengket sering disajikan saat buka puasa karena rasa manisnya yang kuat.

 Disediakan oleh Kumparan Kurma

Selain disajikan dalam keadaan segar, kurma juga cocok diolah kembali menjadi dessert lezat dan pastinya menyegarkan. Jadi, bagi kamu yang bosan dengan sajian kurma yang itu-itu saja, berikut kumparanFOOD rangkum lima sajian serba kurma yang lezat disantap saat buka puasa:

  1. Legitnya kurma dalam segelas smoothie

Tak hanya disajikan sebagai camilan penambah tenaga saat buka puasa, legitnya kurma juga cocok disajikan sebagai minuman segar penghalau dahaga. Salah satunya adalah smoothie kurma dengan cita rasa manis yang khas.

Cukup blender kurma dengan susu, es krim, dan es batu hingga teksturnya lembut. Kamu juga dapat menambahkan pisang atau kopi untuk menghasilkan cita rasa smoothie kurma yang unik.

  1. Pudding kurma yang kenyal dan lembut

Puding memang sangat cocok dikombinasikan bersama aneka buah. Mulai dari buah bercita rasa asam nan menyegarkan hingga buah manis seperti kurma yang legit.

Cara membuatnya pun hampir sama dengan proses pembuatan puding pada umumnya. Campur kurma yang telah dihaluskan bersama agar-agar bubuk dan gula lalu rebus hingga mendidih. Kamu juga dapat menambahkan susu atau kuning telur untuk hasil jadi puding yang lebih lembut.

  1. Kurma berbalut cokelat lembut

Ingin sajian kurma yang unik dan lebih modern? Kamu dapat membuat kurma berbalut cokelat legit sebagai camilan saat berbuka puasa.

Celupkan kurma yang telah dibuang bijinya ke dalam lelehan cokelat dan tabur dengan permen atau cacahan kacang. Selain itu, kamu juga dapat mengisi bagian dalam kurma dengan selai buah, kacang mede, atau karamel sebagai penambah rasa dan tekstur.

  1. Bolu kurma yang empuk

Bolu kurma dapat menjadi alternatif camilan berbuka puasa atau setelah selesai melakukan ibadah terawih. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis khas dari kurma sangat cocok disajikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Cara membuatnya sama dengan bolu pada umumnya. Campur bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, telur, susu, pengembang, dan cacahan kurma lalu panggang hingga matang. Agar rasa kurmanya semakin terasa, kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes kurma essence pada adonan bolu.

  1. Kue kering bertabur manisnya kurma

Tak hanya bolu saja, kurma yang manis dapat digunakan sebagai pengganti choco chips pada kue kering, lho. Selain nikmat disantap saat berbuka puasa, kue kering dengan taburan kurma juga cocok disuguhkan saat Idul Fitri.

Campur adonan kue kering yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, dan mentega dengan kurma yang telah dicacah halus lalu panggang hingga matang. Rasa manis khas yang dihasilkan dari cacahan kurma akan membuat kue kering ini lebih lezat dan pastinya menggugah selera. (**)