Akhir Tahun Pemdes Datar Ruyung Selesai 2 Perdes Dan MusrenbangDes Untuk 2023

independentnusantara.id – Arga Makmur, IN-Akhir tahun 2021 Pemerintah Desa Datar Ruyung menyelsaikan 2 Peraturan Desa dan 1 Musrembangdes untuk pembangunan Tahun 2023, kegiatan ini dilakukan hari jum’at 24 Desember 2021 di kantor Desa Datar Ruyug kecmatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara.
Kepala Desa Datar Ruyung Kecamatan Kota Arga Makmur Herman Robin Dalam arahannya mengatakan, kegiatan hari ini kami lakukan pertama yaitu sesuai dengan arahan pak Camat Kota Arga Makmur yaitu kegiatan Musyawarah Rencana Pembagunan (Musrenbangdes) usulan masyarakat desa datar ruyung untuk pengajuan Pembangunan ke pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2023, karena kegiatan ini adalah kegiatan rutin, ya dalam musrenbangdes ini nanti di pimpin langsng oleh Ketua BPD Desa Datar Ruyung.


Yang kedua yang kami juga melakukan pengesahan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDESA) tahun 2022 yang mana selama ini sudah beberapa kali kami bahas, Perdesa RKPDESA ini adalah salah satu untuk menyusun kegiatan pemerintah desa, baik pembangunan dan lain sebagainya pada tahun 2022 di kemas dalam APBDESA Datar Ruyung tahun 2022 untuk kesejahteraan dan pembangunan masyarakat Datar Ruyung.


Dan Perdes Selanutnya Yaitu Peratiran Desa Daftar Kewenangan Desa Berdasarkan Hak Asal Usul Dan Kewenangan Lokal Berskala Desa Di Kabupaten Bengkulu Utara, perdes ini sudah kami bahas selama tahun 2021 ini maka pada hari ini kami mengesahkan, maka agenda hari ini mengesahkan Perdes RKPDES Untuk tahun 2021 dan Perdes aftar Kewenangan Desa Berdasarkan Hak Asal Usul Dan Kewenangan Lokal Berskala Desa, atas nama pemerintah Desa saya banyak mengucp terim kasih kepada masyarakat Datar Ruyung, BPD Datar Ruyung serta Tim dalam kegiatan RKPDES ini ujar Kades.


Camat Kota Arga Makmur Safarudin ST M.Si mengatakan kegiatan Musrenbagndes untuk tahun 2023 ini di lakukan sesuai program tahunan pemerintah, dalam usulan nantinya harus sesuai dengan kegiatan Musdus yang dilakukan secara merata, karena pembangunan ini adalah anggaran dari Kabupaten, dan juga untuk RKPDES Tahun 2022 alhamdulillah datar ruyung sudah menyelesaikan tahapan yang di manahkan dari undang-undang sampai ke permendagri dan Perda atau perbub yang ada.
Harapan saya selaku pihak pemerintah mewakili Bupati untuk tahun 2022 mari kita sama-sama sukseskan apa yang di programkan oleh pemerintah pusat terutama harapan saya untuk kegiatan 2022 dalam APBDESA nanti bisa menyentuh kemasyarakat terutama membangkitkan ekonomi masyarakat zaman pandemi, sepeti penanaman pala wija, kacang-kacangan, terong, cabe dan sebagainya di depan rumah warga itu sangat bermanfaat, ya saya harap APBDESA 2022 nanti desa datar ruyung bisa menganggarkan itu, manfat masyarakat sangat banyak ujar camat.
Ketua BPD Desa Datar Ruyung Nuroni SH mengatakan kami sangat mendukung apa yang di susun oleh pemerintah Desa, dalam kebaikan masyarakat, dalam rapat ini saya selaku mewakili masyarakat dan juga legislatf desa siap mendukung sepenuhnya, dalam hal pengajuan Musrenbangdes untuk pembangunan tahun 2023 kami tetap fokus skala prioritas adalam pembangnan jalan Hotmix Dusun 3 yang panjangnya sekitar 500 Meter, karena jalan tersebut saat ini dalam keadaan rusak, apa lagi jalan yang rusak tersebut berbagai fasilitas umum yang ada di sana, seperti Kantor Posyandu, Kantor PAUD, Balai Adat dan rumah warga sudah padat, keadaan saat ini sangat memprihatinkan.
Sebenarnya setiap tahun kami musrenbangdes usul itu, hampir 6 tahun musrnenbnagdes belum juga berhasil, mungkin pemda berdalih lain, bahkanjuga supersisi PKK tahun 2018 yang lalu Istri Bupati Bengkulu Ny. Eko Mian dan juga Istri Kdis PU Ny. Heru sudah melihat dan di hadapan podium Ny. Eko Mian berjanji akan menyampaikan ke Pihak Pemerintah Kabupaten untuk priporitaskan bangun jalan tersebut, namun sampai saat ini hampir 5 tahun beum juga terealisasi ya kami tidak bosa-bosan usulakn jalan tersebut mudah-mudahan 2023 bisa pak bupati mendengar keluhan warga kami. Selain jalan dusun 3 kami juga ngajukan prioritas adalah Drainase sepanajng dusun 1 dan 2 Desa Datar Ruyung jalan 2 jalur sekitar 2 KM, saat hujan Drainase itu masuk rumah warga di tambah lagi keadaan saat ini drainase rusak berat ujar Nuroni.
Dalam acara musrenbangdes tersebut, hadir Kepala KUA Arga Makmur Razkin Fajri S.Ag, Puskesmas Arga Makmur Agung, PLKB Desa Linda, babimkabtimas Aipda H. Andan, Pendamping Lokasl Desa Nindi, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Karang taruna, Posyandu, PKK, BPD dan Perangkat Desa serta liding sector lainnya. (wk/Adv)

Rditor : SDK