Arif W Iskandar, SH: Terkait Penutupan Sementara Masjid Taqwa Telah Sesuai Dengan Penanganan Covid-19

Bengkulu, In- Terkait dengan penutupan sementara tempat ibadah masjid Taqwa ketua sahabat polisi Provinsi Bengkulu, Arif W Iskandar menyampaikan kepada media ini melaui pesan singkat wahshap (11 April 2020) Pagi bahwa pihaknya telah melakukan tugas sesuai dengan prosedur penanganan covid-19.

“Penutupan sementara tempat ibadah masjid Taqwa Provinsi Bengkulu, saya menyakini Polri telah melakukan tugas pokoknya yaitu: melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Penutupan sementara ini untuk mengurangi penyebaran covid-19” Jelas Arif.

Ditambahkan Arif “Negara memberikan jaminan kebebasan setiap warga negara untuk menjalankan ibadah yang telah diatur dalam konstitusi, UUD 45 pasal 28 E dan pasal 29 ayat 2. Namun untuk saat ini marilah kita bersama sama bekerjasama sesuai denhan himbauan dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 dengan mengurangi melakukan kegiatan kegiatan yang melibatkan kontak secara langsung. Bahkan WHO telah mengumumkan wabah corona sebagai pandemi. Karena belum ditemukan obat serta metode penularannya secara pasti terhadap kasus Covid-19. Salah satu upaya yang efektif dan sudah dilakukan di beberapa negara adalah untuk menghentikan laju wabah virus corona dengan penguncian (lockdown)” Jelasnya Kembali.

“Dalam pandangan islam sendiri Nabi Muhammad SAW juga pernah memperingatkan umatnya untuk tidak dekat dengan wilayah yang sedang terkena wabah. Dan sebaliknya jika berada di dalam tempat yang terkena wabah dilarang untuk keluar.

Seperti diriwayatkan dalam hadits berikut ini:
‎إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا
Artinya: “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari)
Jadi saya mengharapkan saudara saudara sekalian untuk mengurangi aktifitas keluar rumah,jika sifatnya tidak terlalu urgensi.

Mari kita bersama sama melindungi org2 yg kita cintai dengan memutus mata rantai penularan covid 19”. Tutup Arif. (Rm)