Bangga, Warga Budidayakan Tumbuhan Kurma

Tidak ada komentar 176 views

Bengkulu, In–Bangga dengan aktivitas warganya Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah mengapresiasi kegiatan Warga Desa Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara, Gusnur yang berhasil membudidayakan tanaman kurma di halaman rumahnya.

“Terus terang saya pribadi terinspirasi untuk menanam pohon kurma ini, ini sangat menjanjikan. Pemerintah Provinsi Bengkulu mendukung budidaya tanaman kurma ini” Kata Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Gusnur menjelaskan ia menekuni budidaya penanaman kurma sejak 2 tahun terakhir.

“Kita gunakan tanah sebagai media tanam di halaman rumah” Kata Gusnur
Gusnur juga memberikan tips tahap-tahap budidaya kurma tersebut. Tahap pertama kurma yang ia tanam dari biji ini bisa berbuah dalam kurun waktu selama 4 tahun sejak benih mulai ditanam. Sedangkan dalam eksperimen pada tahap dua, pohon kurma bisa berbuah dalam kurun waktu dua tahun.
“Ini masih eksperimen, masih menunggu 1 tahun lagi untuk memastikan hasilnya yang memuaskan,” jelasnya.

“Budidaya kurma tropis di Indonesia sedang marak dan jadi tren, termasuk di Provinsi Bengkulu. Jenis kurma tropis yang dibudidayakan adalah KL1, mazopati, Barhe, Azwa Aulia. yang berasal dari Negara thailand yang sedang dibudidaya desa fajar Baru, kabupaten Bengkulu Utara” Terang Gusnur Selasa 8/10/2019. (Rm/Adv)