Benteng Darurat TBC, Nomor 2 Se Provinsi

Tidak ada komentar 222 views

Benteng,independentnusantara.com– Berdasarkan hasil rapat kerja nasional (Rakernas) yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang diikuti oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Se Indonesia, termasuk Dinkes Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), dari 9 kabupaten dan satu kota yang ada di Provinsi Bengkulu, Benteng menduduki peringkat dua setelah kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terbanyak penderita penyakit Tuberculosis (TBC).

Kabar tersebut dibenarkan Sekretaris Dinkes Benteng, Mulya Wardana, SKM, MM.

Mulya mengatakan tingginya angka penyakit TBC di Benteng bukan dikarenakan bertambahnya penderita namun hal tersebut dikarenakan penderita yang lama tidak berobat sampai tuntas.

‘’Bukan karena adanya penderita baru yang menyebabkan Benteng masuk ke dalam wilayah penderita TBC tertinggi setelah bengkulu selatan akan tetapi penderita yang lama sudah terdata sebelumnya hingga kini belum sembuh total,’’ ujar Mulya.

Diungkapkan Mulya, penanganan yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka tersebut yakni dengan cara melakukan sosialiasi terhadap masyarakat yang menderita TBC. Selain dari langkah pengobatan.

‘’Salah satu kita yang akan kami lakukan yakni dengan cara berkoordinasi dengan pihak puskesmas agar memberikan sosialiasi dan penanganan penderita TBC. Harapan kita penyakit TBC bisa ditangani sampai benar-benar tuntas,’’ demikian Mulya.(yr)