BS Buka Pendaftaran Magang Kerja Ke Jepang

Tidak ada komentar 320 views

Bengkulu selatan,independentnusantara.com-Pemerintah Kabuapaten Bengkulu Selatan (BS) bekerjasama dengan Dinaskertrasn Provinsi Bengkulu, mulai membuka pendaftaran bagi para lulusan SMA/SMK yang ingin magang kerja di Jepang di tahun 2018 ini. Pendaftaran telah dibuka mulai 15 Febuari sampai 5 Juli 2018, di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten BS, Jalan BLK, Kota Manna.

“Anak-anak muda ini akan magang sesuai dengan kontrak kerja di Jepang, dan secara teknisnya pihak Dinaskertran Provinsi, sebab Dinaskertran Kabupaten sipatnya merekomendasikan /rekomndasi memberihkan kartu kuning pencari kerja. Karena syarat untuk melamar kerja, magang kerjawa wajib kantong kartu kuning,’’ujar Kepala Dinaskertrans Kabupaten BS, Edi Susanto SH melalui Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Penta), Gustia Negsih, S.Sos, MM.

Ia menjelaskan, program kerjasama antara Dinaskertran dengan Kementerian Tenaga Kerja RI serta Pemerintah Jepang ini adalah sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran. Untuk dapat mengikuti program ini, ada seleksi ketat yang harus dilalui. Adapun syarat-syarat dasar adalah ijazah pendidikan minimal SMA atau SMK, menguasai bahasa Jepang tingkat dasar, fisik harus sehat yakni belum pernah menjalani operasi, tak bertindik, tak bertato.

“Nanti ada ujian seleksi fisik. Jika dinyatakan sehat, akan ada tes wawancara dan penguasaan bahasa,’’pungkas Gustia.(111)