bunuh Mantan Istri dan Anak Tiri Warga Curup Timur Divonis Hukuman Mati

Rejang Lebong, in– Setelah melaui proses yang cukup panjang, dan beberapa kali penundaan sidang putusan akhirnya Jamhari Muslim (34), terdakwa kasus pembunuhan terhadap mantan istri serta dua anak tirinya yang terjadi di Kecamatan Curup Timur pada 12 Januari 2019 lalu divonis hukuman mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Curup dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Curup, Rabu (24/7).

Vonis hukuman yang dijatuhkan majelis hakim yang diketuai oleh Hakim Ketua Syarip didampingi hakim anggota Riswan Herafiansyah dan Hendri Sumardi tersebut sama dengan tuntutan yang disampaikan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Curup beberapa waktu lalu.

“Menimbang serta memperhatikan sejumlah bukti serta fakta fakta persidangan maka kami menilai jika terdakwa Jamhari alias ari terbukti bersalah melakukan pembunuhan, melakukan kekerasan terhadap anak hingga mengkibatkan kematian, sehingga kami sepakat untuk menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana hikuman mati,” ujar Ketua Majelis Hakim, Syarip saat membacakan putusan, Rabu (24/7).

Atas putusan Majelis Hakim tersebut, terdakwa maupun tim JPU Kejari Curup sama sama menyatakan sikap untuk pikir pikir dan akan memberikan pernyataan sikap sepekan kemudian.

jalannya sidang pembacaan putusan yang dihadiri oleh puluhan keluarga serta kerabat Korban tersebut berlangsung kondusif. Puluhan anggota Polres Rejang Lebong terlihat melakukan pengamanan ketat di sekitar ruangan sidang.

“Kami selaku kuasa hukum terdakwa yang ditunjuk oleh negara sudah selesai menjalankan tugas. Soal nanti terdakwa mau melakukan upaya hukum lanjutan itu dikembalikan lagi kepada terdakwa. apakah tetap akan menggunakan kami atau menunjuk kuasa hukum lainnya. Hanya saja pada dasarnya kami sepakat dengan putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim. Kami menilai putusan tersebut sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa sebab ada tiga nyawa yang dihilangkan oleh terdakwa, ” ujar Bahrul Fuadi, Kuasa hukum terdakwa usai sidang.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya tim JPU Kejari Rejang Lebong, menjerat terdakwa Jamhari Muslim yang merupakan pelaku pembunuhan terhadap Hasnatul Laili alias Lili (35) serta dua anak tirinya Melan Miranda (16) dan Chyka Ramadani (10), yang terjadi pada 12 Januari 2019 lalu di kediaman di Simpang Suban Air Panas, Kecamatan Curup Timur, dengan pasal berlapis yaitu pasal 339, 338, 340, 351 KUHP, pasal pencurian dengan kekerasan, pelanggaran pasal Undang-Undang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman mati.

Sementara itu, kasus pembunuhan Hasnatul Laili (35), janda yang kesehariannya berprofesi sebagai pedagang pisang dan dua anaknya Melan Miranda (16), pelajar kelas X MAN Curup dan Chyka Ramadani (10) pelajar kelas III SD itu sendiri terjadi dalam rumahnya di RT 08, Simpang Suban Air Panas Kecamatan Curup Timur, terjadi pada 12 Januari 2019 lalu. Pelaku pembunuhan yang tidak lain adalah mantan suami Korban sendiri tersebut berhasil diamankan petugas Kepolisian Senin pagi, 14 Januari 2019 pukul 05.00 WIB lalu saat sedang berupaya melarikan diri ke daerah Krui, Provinsi Lampung.

Semetara pihak keluarga bibi korban Hanija(ija) ketika di temui Awak media ini di lokasi persidangan.”dirinya merasa cukup puas dengan vonis Hakim yang dijatuhkan terhadap terdakwa Jamhari Muslim sang pembunuh sadis tersebut.

Dan kami dari pihak keluarga,mengucapkan banyak terima kasih kepada,polres Rejang Lebong,Kejaksaan Negeri Rejang Lebong,Pengadilan Negeri Rejang Lebong.

Serta seluruh yang telah ikut berpartisipasi dalam musibah di keluarga besar kami, “jelas Ija.(Red)