Desa Datar Ruyung Raih Piagam Penghargaan Dari WCD, Partisipasi Kebersihan Lingkungan

IN – Arga Makmur,-Desa Datar Ruyung Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara Raih Piagam Penghargaan World Clenanup Day Indonesia “CERTIFICATE OF APPERECIATION” atau ikut serta partisipasi kebersihan lingkungan bebas dari sampah, piagam ini di beri oleh perwakilan WCD Nurlatifa di kantor Desa Datar Ruyung.
Dari Keterangan Nurlatifa Sebagai mana kita ketahui Pembukaan aksi cleanup yg di laksanakan di Alun Alun Rajo Malin Paduko Argamakmur dihadiri oleh 150 orang volunter dari berbagai komunitas. Kegiatan yg dimulai pukul 09.00 ini di buka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup bapak Ir. Alfian,MM dengan pesan aksi ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, dan memberikan apresiasi besar untuk pengurus yg telah berjuang hingga aksi ini dapat terlaksana.
Tentunya aksi cleanup ini hanyalah sebagai bukti bahwa masyarakat Datar Ruyung masih ada yang peduli terhadap lingkungan, aksi yang dilakukan serentak 187 negara sebagai moment untuk bersama peduli lingkungan yang ada di desa datar ruyung serta kepada dunia.


Lebih jauh Latifa mengatakan Inti dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk kebersamaan kita semua dalam bergerak dan berupaya bijak dalam mengelola lingkungan, terutama terhadap sisa konsumsi. Kenali sisa konsumsi, pilah dan olah sesuai dengan peruntukan dan penempatan nya kembali. Upaya ini sebagai wujud terimakasih kepada alam yang sudah memenuhi kebutuhan hidup manusia dan seluruh makhluk bumi yang hidup berdampingan dan saling berinteraksi, serta Pengedukasian kepada masyarakat untuk dapat pilah sampah dari rumah.


Kepala Desa Datar Ruyung Herman Robin di damping Sekdesnya Ibnu Majah mengatakan mengucapkan terima kasih kepada WCD yang telah mengikut sertakan desa kami dalam kebersiahan tentang sampah ini, warga kami dengan ada acara ini sadar bahwa betapa pentingnya kebersihan lingkunga, pada tanggal 16 September yang lalu desa kami bersih-bersih dari sampah yang turun langsung tim dari WCD dan mahasiswa Unras Bengkulu Utara, Alhamdulillah desa datar ruyung dapat penghargaan ujar kades.
Lebih jauh Herman Robin mengatakan mari kitsa sama-sama menjaga kebersiahan lingkungan kita, sebab kebersihan lingkungan bagian dari iman, bersih lingkungan kita dari sampah, saya menghimbau warga datar ruyung, jangan buang sampah sembarangan, kita bersih dari sampah lingkungan kita terjaga dari penyakit, sebab penyakit bisa membawa bahaya bagi kita, mari sama-sama menjaga lingkungan dari sampah ujarnya. ( SDK )