Diguyur Hujan , Sawah dan Kolam Serta Akses Jalan Desa Surau Terputus

BENTENG,IN- Diguyur Hujan sejak beberapa hari terakhir, puluhan hektar sawah dan kolam ikan milik warga desa surau rusak akibat diterjang banjir. Lahan persawahan yang seharusnya akan memasuki masa tanam tak lagi dapat dilanjutkan, pasalnya puluhan hektar lahan tersebut sudah dipenuhi lumpuran tanah kuning yang ikut terbawa banjir.

Tidak hanya sawah beserta kolam ikan milik warga, Akses jalan menuju desa surau kecamatan taba penanjung Bengkulu Tengah(Benteng) itu juga ikut terputus. Menurut warga musibah ini terjadi lantaran gorong gorong yang ada dibahu jalan pecah hingga menyumbat akibat diterjang luapan air yang datang dari hulu sungai.

“ kami dari warga sebenarnya sudah berupaya untuk mengatasi agar tidak terjadi longsor seperti ini.sudah melapor juga dengan aparat desa. Jadi salah satu usaha kami agar air biar lewat dengan membuat saluran,tapi karena debit air terlalu besar hingga tak mampu lagi dibendung,”ungkap warga surau Haryadi.kamis (25/06/20).

Haryadi juga menceritakan kerugiannya akibat bencana tersebut,Ratusan ikan didalam kolam miliknya juga hanyut serta kolam ikan pun ikut tertimbun bahkan sawah yang ia miliki juga rusak akibat banjir yang melanda.

“ikan saya dikolam yang baru saja dilepas kini sudah hanyut,sawah juga sudah hancur, bisa dilihat sendirilah keadaannya,” ujar Haryadi.

Sama halnya Septi, yang juga mengaku mengalami kerugian akibat banjir karena lahan sawah miliknya juga rusak,padahal diakuinya lahan tersebut sudah dipersiapkan untuk memasuki musim tanam.

“kerugian saya bisa mencapai 20 juta rupiah , bibit yang sudah saya persiapkan untuk ditanam telah hanyut,” ungkap septi.
Septi dan Warga lainnya saat ini hanya bias berharap adanya bantuan dari pemerintah terkait kondisi yang tengah mereka hadapi.(red)