Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Cukup

BENGKULU,IN – Menjelang Hari raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini yang akan dirayakan kaum muslimin. Otomatis akan berdampak meningkatnya permintaan hewan kurban dan pastinya juga bermunculan pedagang hewan kurban.

Namun, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memperkirakan ketersediaan kambing dan sapi pada Idul Adha tahun 2020 ini mencukupi.

Hal tersebut diungkapkan, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ,Nopiyeni kepada independentnusantara.id saat ditemui di kantornya. Senin, (13/7/2020). “Tahun ini stok hewan kurban di Bengkulu mencukupi,” ujarnya.

Berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu yang di data Dinas peternakan dan kesehatan heean prov bengkulu,jumlah pemotongan sapi sekitar 6185 ekor, Sementara ketersediaan sapi kurban tahun ini diangka 8939 naik dari tahun 2019 lalu.

“ kita pastikan kebutuhan hewan kurban di bengkulu sekitaran segitu lah, dan tahun ini cukup,” ungkap nopiyeni.

Selain mendata jumlah kebutuhan hewan kurban ungkap Nopi, Pihaknya juga telah melakukan pengecekkan kesehatan terhadap hewan kurban yang beredar di masyarakat. Sehingga, hewan kurban yang dikonsumsi masyarakat tersebut sehat dan layak konsumsi.

“Ada juga pedagang hewan kurban dadakan di momen Idul Adha ini yang ikut menjual hewan kurbannya. Ada dari dalam daerah, ada juga yang dari kuar daerah,” tuturnya.

Ia menambahkan, terkait pengecekan hewan kurban yang dijual para pedagang dan peternak, hingga saat ini masih terus berlangsung. “Pengecekan kesehatan masih terus berlangsung,” pungkasnya.(red)