Dinkes dan Tim PKK Rejang Lebong Sosialisasikan Pencegahan Stunting Dengan Gelar Lomba Balita

Rejang Lebong,IN – Untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit terutama Stunting pada Balita dikabupaten Rejang Lebong,Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong (RL) bersama Tim Penggerak PKK Senin (17/6), melakukan sosialisasi kepada kaum ibu-ibu didaerah itu. sosialisasi kali ini dengan cara menggelar acara lomba balita sehat tingkat Kabupaten. sebanyak 90 Balita di rejang lebong ikut ambil bagian dalam perlombaan tersebut.

 

Kepala Dinkes RL, Syamsir SKM. MKM menuturkan, kegiatan seperti ini akan mereka gelar setiap tahunnya, pada saat perayaan HUT Kota Curup.
dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat menciptakan balita sehat. dan bisa secara langsung memberikan pemahaman kepada ibu-ibu di kabupaten rejanglebong secara langsung terkait tata cara mencegah dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, terlebih pada Stunting.

“Sesui dengan tema perlombaan tahun ini yakni “Cegah stunting menuju generasi bangsa”. Dimana dalam perlombaan ini bukan hanya sekedar berlomba balita siapa yang sehat dan balita siapa yang cerdas. Namun, inilah cara agar masyarakat tahu bagaimana memiliki balita yang sehat dan cerdas, dengan diberikan pemahaman dalam perlombaan dengan harapan bisa disebar luaskan kepada ibu-ibu yang lainnya,” jelas Syamsir.

Dari 90 balita yang ikut dalam perlombaan balita sehat, diketahui kalau mereka peserta yang tersebar dari masing-masing puskesmas yang dikategorikan balita terbaik dari tingkat desa dan kelurahan yang diutus untuk untuk mewakili ketingkat kabupaten yang tengah dilaksanakan.

“Ada dua katagori perlombaan dilomba balita sehat ini, yakni untuk katagori balita umur 6 bulan – 2 tahun atau 24 bulan. Kemudian katagori untuk balita umur 2 tahun – 5 tahun,” ungkap Syamsir.

Sementara itu, ketua TP-PKK RL, Ny Fitri Hertikasari Hijazi berharap. Perlombaan yang digelar setiap tahunnya ini, bisa sampai pada tujuan yakni menjadikan balita yang ada di RL bisa tumbuh kembang secara seimbang antara otak dan tubuhnya,sesuai dengan intruksi pusat.” harapnya.(her/prw)