Disidak DLH dan Polda, PT.CSL Akui Kantongi Izin Pembuangan Limbah Cair ke Sungai

Benteng,independentnusantara.com– Perusahaan pengolahan tandan buah sawit di kabupaten bengkulu tengah(Benteng) hari ini Rabu(18/04/2018) di periksa oleh Dinas lingkungan hidup kabupaten dan provinsi bengkulu serta aparat kepolisian dari jajaran mapolda bengkulu.

puluhan petugas dari dinas lingkungan hidup kabupaten bengkulu tengah dan provinsi bengkulu serta aparat kepolisian dari Polres Bengkulu utara dan polda bengkulu langsung terjun kelokasi kolam pengolahan limbah milik PT.cahaya sawit lestari (CSL).
ada sembilan kolam pengolahan milik perusahaan ini di periksa dan di temukan jika kedalaman kolam dibawah standar.

selain di temukan pendangkalan terhadap kolam pengolahan limbah, dinas lingkungan hidup juga menemukan ada saluran yang sengaja di buat oleh pihak perusahaan yang berpotensi bisa mengangkut air pembuangan limbah saat turun hujan kealiran sungai.

selain melakukan pengecekan terhadap kolam pengolahan limbah, petugas juga menemukan saluran pembuangan limbah cair dari dalam kolam ke aliran sungai. disini petugas langsung mengambil sampel untuk di lakukan pengecekan terhadap baku mutu limbah cair yang dibuang pihak perusahaan ke aliran sungai bengkulu. kepala dinas lingkungan hidup kabupaten bengkulu tengah Iskandar Harun mengaku pengecekan mereka lakukan terkait dugaan pencemaran sungai yang dilakukan pihak perusahaan.
” hari ini kita terjun kelokasi dan langsung di back up dari lingkungan hidup provinsi dan aparat kepolisian, jika nanti terbukti melanggar aturan maka akan ada tahapan seperti sangsi yang akan di ajukan keperusahaan, jadi kita tunggu dulu hasi Lab dari pihak provinsi dulu.” ungkap iskandar.

Menanggapi hal tersebut, Pihak perusahaan sendiri mengklaim jika proses pengolahan limbah yang mereka miliki sudah sesuai dengan aturan yang ada, bahkan pihak perusahaan memperlihatkan kepemilikan surat izin pembuangan limbah cair kealiran sungai.
” kita tunggu saja hasil Labor nanti, semua bukti dan kepemilikan izin sudah kita siapkan. kami perusahaan ini memang memiliki izin pembuangan limbah cair ke sungai”. jelas kepala prodak control PT.CSL.

Diketahui, Tingkah perusahaan milik pt. cahaya sawit lestari(csl) ini terbongkar dalam rekaman video amatir milik warga setempat. dalam rekaman yang berdurasi sekitar 25 detik itu terlihat jelas perusahaan telah sengaja membuang limbah ke sungai melalui siring kecil yang mereka alirkan langsung kedalam sungai. Dalam rekaman tersebut air yang mengalir terlihat berwarna hitam pekat.(yr)