DPRD BU Adakan Rapat Internal Bahas Raperda Pada Sidang 2

BengkuluUtara, IN-Dewan Perwakilan Rakyat Bengkulu Utara (DPRD BU) adakan rapat internal membahas tentang agenda sidang pada Sidang 2. Hal ini terlihat Badan Pembuat Perda (BapemPerda) DPRD Bengkulu Utara menggelar pertemuan tim pelaksana Program Pembuat Perda Pemkab BU, Kemarin (21/5). Pertemuan itu membahas rencana pembahasan Raperda antara Pemkab dan DPRD BU.

Dalam masa siding keduata hun ini, Mei-Agustus, Pemkab BU mengajukan lima reperda untuk dibahas dengan dewan Salah satu raperda yang diajukan adalah Raperda tentang Perubahan RPJMD Raperda ini sebulan lalu sempat dibahas dengan dewan,namun dewan menilai tidak ada alas an bagi dewan untuk merubah perda yang ada. Sehingga ketujuh fraksi DPRD sepakat menolak Raperda tersebut. Namun Pemkab merasa Raperda tersebut masih sangat penting sehingga kembali diajukan.

Ketua Bapem Perda DPRD BU, Slamet Waluyo S.SH mengatakan setidaknya ada dua Raperda yang memang harus dilakukan pembahasanya kini Raperda PertanggungJawaban APBD 2018 dan Tentang APBD Perubahan. Hal ini sangat mendesak dibahas karen a memang sudah memenuhi syarat untuk dilaksanakan. Pertanggungjawaban APBD ,dilaksanakan setelah audit BPK , sekarang sudah selesai Sedangkan APBD-P memang harus cepat dibahas sehingga memiliki waktu untuk pelaksanaanya, “kata Slamet.

Yang juga masuk dalam daftar pelaksanaan pembahasan masa siding inia dalah Raperda APBD 2020. Raperda ini memang harus dibahas tahun ini atau sebelum habis masa aktif dewan periode 2014-2019 sehingga pelaksanaan bias dilaksanakan tepat waktu diawal 2020.”Saat dilantik November, dewan akan disibukan dengan urusan bimtek, alat perlengkapan dewan dan lainnya. Jika melaksanakan di dewan baru maka pelaksanaan APBD akan molor”terangnya.

Sementaraitu, Asisten I PemkabBU , Edi Subroto menuturkan setuju dengan apa yang ditawarkan dewan. OPD- OPD Penggagas Raperda akan segera menyiapkan pembahasan dan perancangan Raperda sehingga bias dibahas dalam masa siding kedua.”Saat ini masing-masing OPD yang terkait sudah mulai menyiapkanya. Setelah selesai ,kita akan mulai pembahasan dengan Bapem Perda” Ujar Asisten I.

Ke depan kami harap pelaksaan Rapat tetang RAPERDA ini bisa berjalan dengan baik sebagai mana mestinya, sehingga antara eksekutif dan legislatif berjalan dengan baik dan Raperda bisa di sahkan menjadi Perda Ungkapnya. (Mj/adv)