Gubernur mintak masing-masing pihak bersengketa tahan diri

Tidak ada komentar 178 views

Bengkulu Tengah, in- Gubernur Bengkulu  Dr. Rohidin Mersyah, MM  membalas surat Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tenga yang dikirimnya belum lama ini. Surat balasan gubernur ini bersisi tentang polemik lahan tambang batu bara (BB) di wilayah Kecamatan Taba Penanjung.

Branch Manager PT BMQ Eka Nurdianty Anwar

Salah satu poin dalam isi surat yakni meminta kedua belah pihak yakni PT. Bara Mega Quantum dan PT. Bengkulu Mega Quantum menahan diri, agar tidak terjadi konflik sosial. Mengingat dalam waktu dekat akan diselenggarakan pemilu.

Surat bernomor 180/230/ESDM/2019 dikeluarkan tanggal 26 Maret 2019. Surat tersebut juga ditembuskan ke Kapolda Bengkulu, Kapolres Bengkulu Utara, Dinmar Najamudin, Nurul Awaliyah, Kepala ESDM Provinsi Bengkulu.

Saat dikonfirmasi, Branc Manager PT. Bara Mega Quantum, Eka Nurdianty dari pihak Nurul Awaliyah mengaku belum menerima surat tersebut. Guna mencari kebenaran surat yang ada, tim penasehat hukum pemilik saham PT. Bara Mega Quantum telah melayangkan surat kepada Gubernur Bengkulu, Dr. drh H Rohidin Mersyah, MM. Pasalnya, surat yang bersifat penting tersebut muncul setelah surat dari ombudsman RI keluar tanggal 22 Maret 2019. Eka mengaku ragu keabsahan surat gubernur tersebut. Sehingga tim pengacara melakukan koordinasi dengan Pemprov Bengkulu.

“Kalau memang benar surat prihal penting itu ada kok sampai sekarang belum sampai ke pihak kami”Ujar eka

Selanjutnya eka mengatakan “surat tersebut perlu dipastikan keabsahannya. Pasalnya jika dibiarkan dapat memicu adanya konflik yang terjadi. Mengingat sudah diketahui, ombudsman RI telah mengeluarkan surat dan ditembuskan ke Dinas ESDM Provinsi Bengkulu.

Kami menduga adanya mal administrasi dalam masalah ini, ombudsmasn keluarkan surat ke ESDM Provinsi Bengkulu. Atas dasar itu, kenapa malah keluar surat dari gubernur dengan nomor surat ESDM. Apalagi sekarang infonya hanya diterima oleh pihak lawan kami. Jangan sampai ini memicu konflik, tutup Eka.(Red)