Kades Didesa Ini Pilih Perangkat Desa Dari Keluarganya Sendiri

KEPAHIANG,independentnusantara.com- Jika biasanya perekrutan perangkat desa itu dipilih dan di peruntukan bagi  seluruh warga yang dianggap mampu membantu sang kades dalam menjalankan roda pemerintahan didesanya. Namun lain halnya yang dilakukan sang kades kelobak kecamatan kepahiang kabupaten kepahiang. Di desa ini rata-rata perangkatnya di pilih karena masih keluarga sang kades.

Kondisi tersebut telah lama dikeluhkan warga desa kelobak yang mengaku tidak dapat berbuat banyak karena keterbatasan pengetahuan terkait aturan dalam perekrutan perangkat desa.

“ ya kami sebagai masyarakat kecil tidak tau apa-apa mengenai pemilihan perangkat desa. Yang jelas seluruh perangkat desa disini dipilih dari keluarga besar kades.kami tau apa selain melapor kalau ada yang datang dan bertanya kepada kami. Yang jelas kami di desa ini dianggap tidak ada yang mampu menjadi perangkat oleh kades,” ungkap salah satu warga kelobak saat di temui independentnusantara.com.

Sementara Kepala Desa(Kades) Kelobak Mansur membenarkan informasi terkait perangkat desa dari keluarga besarnya. Dikatakan Mansur, perangkat desa itu tidak dapat asal pilih saja karena ada aturan yang di tetapkan seperti pendidikan.

“ Saya pilih semua perangkat desa sesuai dengan riwayat pendidikannya bukan asal pilih saja. Didesa ini tidak ada yang sekolah makanya perangkat desa semua dari keluarga saya karena pendidikan mereka mendukung,” jelasnya.(jn)