Kementrian PPPA RI kunjungi Desa Datar Ruyung Wakili Provinsi Bengkulu

Argma Kamur-IN- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik indonesia mengunjungi Desa Datar Ruyung Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, kehadiran kementrian ini adalah Deputi Bidang Perlindungan Anak bekerjasama dengan Yayasan Pensiunan Statistik (Pensta).

Kepala Desa datar ruyung Herman Robin mengatakan kami sangat berterima kasih kepada pihak Kementrian PPPA RI telah mengunjungi desa kami, apa lagi kegiatan ini berkenaan dengan perlindungan anak kami sangat bangga sekali, semoga dengan ada kunjungan ini anak-anak kami desa datar ruyung bisa jauh dari sifat kenakalan dan sifat lainnya.

Lebih jauh Herman Robin mengatakan apa lagi desa kami menjadi pilot projek penelitian tentang perkembangan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) ini suatu kebanggan bagi kami, memang benar Aktivis PATBM Desa Datar Ruyung sudah terbentuk dan sudah di SK kan, kegiatan juga sudah kami suport dengan Dana Desa. Aktivis PATBM Desa terus kami beri pelatihan dan anggaran, ya sudah 2 kali kegiatan pelatihan dan kegiatan lainnya sangat bermanfaat bagi desa kami dan masyarakat kami terutama anak-anaknya yang nakal dengan ada PATBM ini sudah berkurang bahkan sudah tidak ada lagi desa kami kenakalan anak yang aneh-aneh ujarnya.

Afrizal salah seorang perwakilan dari Kementrian PPPA RI mengatakan, kami berangkat dari jakarta ada 4 orang, 2 orang dari Kementrian PPPA yaitu Ibu Rena dan Ibu maris dan kami bersama Bapak Rustian dari pihak konusltan tentang kegiatan PATBM ini, kami sangat bangga dengan desa ini, Aktivis PATBM nya maju dan berkembang pesat, apa lagi di dukung oleh pemerintah Desa Datar Ruyung baik anggaran, sekretariat dan aktivisnya juga hebat-hebat ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Cq. Deputi Bidang Perlindungan Anak bekerjasama dengan Yayasan Pensiunan Statistik (Pensta) akan melaksanakan studi tentang Analisis Dampak PATBM bagi masyarkat. Studi ini merupakan bentuk usaha meningkatkan fungsi dan pelayanan PATBM kedepannya dengan mengevaluasi kinerja PATBM di masyarakat dan sejauh mana masyarakat merasakan dampak dari PATBM dalam melakukan pelayanan perlindungan anak ini lah kegiatan kami disini. Provinsi Bengkulu ada 1 Desa dan 1 Keluarahan yang kami kunjungi, yaitu salah satu kelurahan di kota Bengkulu dan Desa adalah desa datar Ruyung hasil ini nanti kedepannya PATBM bisa berjalan dengan baik dan kekurangan yang ada kita sampaikan ujarnya.

Fasilitator Perlindungan Anak terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kabupaten Bengkulu Utara Ibnu Majah, Amd. Com mengatakan memang benar desa datar ruyung menjadi pilot projek penelitian perkembangan PATBM, sebab desa datar ruyung termasuk yang aktif dalam melakukan berbagai kegiatan APTBM dan juga dengan adanya PATBM sangat di rasakan sekali manfaatnya bagi masyarakat Bengkulu Utara terutama desa datar ruyung.

Jujur sebelum ada PATBM dahulunya desa datar ruyung anak-anak banyak yang menyimpang, seperti balap liar, minum-minum keras, ngumpul sampai larut malam, bahkan ada juga di temukan anak-anak merokok dengan Fiting Lampu di kasih cairan, maka dengan adanya kehadiran PATBM terutama Aktivis PATBM Desa maka kenakalan anak sudah mulai menurun, bahkan hal yang aneh-aneh termasuk sudah tidak ada lagi, ya kedepan harapan kami PATBM ini tetap berlanjut karena efek dan manfaat bagi masyarakat sangat terasa sekali. Alhamdulillah khusus kecamatan Arga Makmur semua kepala desa mendukung dan memberi anggaran untuk kegiatan perlindungan anak, dan juga desa dalam kecamatan kota Arga Makmur pengurus Aktivis PATBM sudah di SK kan semua ujar yang juga ketua PPDI Provinsi Bengkulu ini.

Dari pantauan media ini kegiatan tersebut di laksanakan secara Focus Group Discussion (FGD)di pimpin langsung pak Rustian, adapun peserta kegiatan FGD tersebut adalah ada tkoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh muda, tokoh wanita, posyandu, BPD, pemerintah Desa, Aktivis PATBM Desa, Forum Anak Kabupaten, Fasiltator PATBM dan dinas PPA.

Hadir dalam acara tersebut adalah dari Dinas PPPA Provinsi Bengkulu Tris Diani fajar dan Tanti Nasilva dan dari Dinas PPPA Kabupaten Bengkulu Utara adalah Kadis PPPA Amra Juwita, Sos, Kabid perlindungan hak perempuan dan perlindungan khusus anak Siti Zuraida,S,IP, Kabid pemenuhan hak anak Devi Anita S,IP, Kabid data &informasi Buduman S.Pd,M,Pd, kasi perlindungan perempuan Diana Wilawati ,AMD keb, dan kasi perlind khusus anak Mimid sarmidin S,Pd, BabinKamtibmas Andan, Camat Kota Arga Mamkur Jon Kenedi di wakili oleh Kasi PMD Suirman. (Wangki/Adv)