“Kota Tuo” Pasar Bengkulu Akan Disulap Menjadi Kota Idaman

Kota Bengkulu, in – Jum’at malam, 14 Juni 2019 di Masjid Al Mujahidin Pemerintah Kota Bengkulu menggelar sosialisi tatap muka guna ingin mendapatkan dukungan warga penataan kawasan “Kota Tuo” Pasar Bengkulu. Asisten, Kepala OPD, Tim Percepatan Pembangunan, Tim KOTAKU, Tokoh Masyarakat, Camat dan Lurah Setempat ikut mendampingi Wakil Wali Kota Bengkulu dalam kegiatan ini.

Sosialisi penataan kawasan “Kota Tuo” Pasar Bengkulu

Warga yang hadir dalam moment ini antara lain: Warga RW 01 Kelurahan Pasar Bengkulu, yang meliputi RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, dan RT 05. Seluruh warga yang hadir setuju pembangunan penataan kawasan “Kota Tuo” Pasar Bengkulu. Perwakilan Warga Pasar Bengkulu yang sekaligus Ketua RW 01, H. Kamaludin menyambut baik rencana pembangunan penataan kawasan Kota Tua Pasar Bengkulu.

“Kami atas nama warga pasar Bengkulu menyambut baik dan mendukung penaataan kawasan pasar Bengkulu. Jika dilihat dari modul gambar perencanaan penaataan Kawasan Kota Tuo Pasar Bengkulu melebihi dari Pantai Ancol. Mudah mudahan semuanya berjalan dengan lancar, dari tender sampai pelaksanaan nantinya. Kami atas nama warga Pasar Bengkulu merestui pembangunan ini,” ucap Kamaludin.

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi mengungkapkan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh)  bersama Pemerintah Kota Bengkulu dalam pembangunan penataan kawasan Kota Tuo Pasar Bengkulu bertujuan untuk mengangkat nama besar Kota Tua Pasar Bengkulu.Karena di pasar Bengkulu lahir nama besar dan tokoh tokoh besar kota Bengkulu dan bangunan bersejarah kota Bengkulu.

“Salah satu upaya pemerintah kota Bengkulu untuk mengangkat nama besar Kota Tuo Pasar Bengkulu dengan cara melakukan pembangunan penataan kawasan pasar Bengkulu, nanti di sini kita akan bangun taman dan ruang terbuka hijau yang insyaallah nantinya akan menjadi destinasi wisata baru Kota Bengkulu,” ungkap Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi.

“Program Pembagunan ini untuk memajukan Kota Bengkulu dan memakmurkan masyarakat Kota Bengkulu,” ungkapnya.

Dedy mengimbau seluruh masyarakat khususnya warga pasar Bengkulu untuk mendukung pambangunan penataaan kawasan kota tuo Pasar Bengkulu.

“Kami mohon dukungan seluruh masyarakat, mohon untuk masyarakat nantinya ramah saat ada orang luar datang, mohon untuk masyarakat tetap kompak. Jika nantinya ada warga yang tanahnya terkena dampak pembangunan, kami mohon nantinya biaya ganti rugi dengan harga yang bersahabat,” ucapnya.

“Kami Pemerintah Kota Bengkulu mengucapkan terimakasih kepada Tokoh Masyarakat, H. Rizwan Effendi LLB yang telah menghibahkan tanahnya untuk dijadikan ruang terbuka hijau nantinya,” ungkap Dedy Wahyudi.

Selanjutnya, Warga Pasar Bengkulu mendengarkan pemaparan dan menonton video animasi pembangunan penataan kawasan pasar Bengkulu yang disampaikan Kepala PLT Bapelitbang dan Dinas Perkim Kota Bengkulu.

Untuk diketahui, Program KOTAKU bersama Pemerintah Kota Bengkulu dalam pembangunan penataan kawasan pasar Bengkulu dibiayai Loan Islamic Development Bank (IDB ) melalui Kementerian PUPR serta beberapa aspek menggunakan dana APBD Kota Bengkulu. (Rm/Adv)