Launching Logo dan Maskot Porwil Sumatera 2019, Menpora Yakin Bengkulu Tempat yang Tepat

Bengkulu, In – Logo dan Maskot Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X  Sumatera Tahun 2019 di Bengkulu resmi dilaunching oleh Menpora Imam Nahrawi bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Sekretariat Porwil X 2019, Jalan Soekarno Hatta,  Bengkulu, Jumat  (22/3) pagi.

Namanya adalah “Dang Du”, maskot resmi Porwil ke-X  se Sumatera Tahun 2019. Dang Du berupa fauna asli Bengkulu yaitu Beruang Madu. Dipilihnya beruang madu sebagai maskot Porwil X Sumatera, untuk mengangkat kearifan lokal Bumi Rafflesia serta mengenalkan fauna endemik Provinsi Bengkulu.

“Saya senang sekali datang ke Bengkulu atas undangan Gubernur dalam rangka launching maskot dan logo Porwil X Sumatera. Hal ini penting  karena ketika kita jadi  tuan rumah even berolahraga, berarti kita diberi kepercayaan yang begitu besar. Begitu juga dengan Bengkulu, bahwa masyarakat di Pulau Sumatera mempercayai Bengkulu mengelar Porwil ini,” ucapnya.

Ia melanjutkan, kesiapan para atlet dan kesiapan masyarakat juga menentukan semakin kuatnya Bengkulu jadi tuan rumah even olahraga. Karena itu, pemerintah pusat tentu akan terus mendukung, akan terus menyemangati apabila provinsi lain ingin menjadi tuan rumah even yang olahraga.

Menpora pun yakin apabila, Porwil X ini sukses maka even-even lebih besar lagi baik yang level nasional maupun internasional,  Bengkulu bisa dipercaya jadi tuan rumah. “Saya yakin kalau sukses di Porwil maka Insya Allah di masa-masa mendatang akan menjadi tuan rumah PON berikutnya bahkan nanti bisa jadi tuan rumah even internasional. Dan  lewat even-even  olahraga nasional pulalah maka akan ada percepatan infrastruktur olahraga,” ujarnya.

Porwil X akan digelar di Bengkulu pada 3-9 November 2019. “Bengkulu akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera. Secara teknis masyarakat Bengkulu siap  untuk menjadi tuan rumah. Dari sisi panitia penyelenggara sudah siap dan cabor yang diperlombakan juga sudah siap. Untuk lokasi pertandingan  pada tahun 2019 sudah siap juga. Promosi juga sudah mulai kami lakukan, baik di Provinsi Bengkulu maupun di Provinsi Pulau Sumatera,” tutur Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Ia pun berharap dengan adanya Porwil X ini maka akan menumbuhkan prestasi terbaik bagi para atlet khususnya di wilayah Sumatera. “Saya percaya, dengan digelarnya Bengkulu jadi tuan rumah Porwil X maka dapat  memotivasi para atlet se Sumatera untuk berprestasi lebih baik lagi,” tambahnya.

Pada acara launching logo dan maskot ini turut hadir Deputi Pemberdayaan Pemuda  Faisal Abdullah  dan Staf Ahli Menpora Bidang Politik Yuni Poerwanti. (rep)

Sumber: http://www.kemenpora.go.id