Mari Bersatu Melawan Corona

Tidak ada komentar 904 views

Satu hari yang llu presiden China Xi Jin Ping berkomunikasi dengan presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui sambungan telepon dan membicarakan tentang bagaimana membangun kerjasama kedua negara dalam penanganan masalah virus Corona (Covid-19).

Padahal kedua negara ini selalu berseteru dalam setiap aspek apapun. Apa yang bisa kita petik, bahwa virus Corona ini adalah masalah besar bagi bangsa manapun. Entah itu negara maju (adidaya) ataupun negara berkembang dibelahan dunia ketiga.

Ini adalah perang besar bagi kita semua. Menghadapi lawan yang “tidak tampak” kita harus bersatu. Kebersamaan ini adalah kunci utama. Setiap orang bisa mengambil peran sesuai kemampuan dan kompetensinya masing-masing. Yang kaya membantu yang miskin, yang berlebih membantu yang kekurangan, dan yang memiliki wawasan, ilmu pengetahuan dan apapun itu harus segera diupayakan dalam mengatasi masalah pandemi Global yang ada didepan mata kita.

Saya mohon semua harus dewasa dan bijaksana menghadapi situasi krisis pada saat ini. Kepala daerah baik tingkat satu maupun tingkat dua harus saling berkoordinasi dengan baik, begitu juga pemerintah Bengkulu terhadap pemerintah pusat, harus ada koordinasi serta evaluasi hari per hari.

Harus ada langkah yang bisa kita lakukan baik dalam tindakan preventif maupun penanganan pengobatan jika ada yang terinfeksi. Infrastruktur kesehatan harus disiapkan dengan struktur kesehatan yang bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, pemerintah harus membangun satuan tugas bersama lintas sektoral, yang didalamnya juga diwakili oleh Tokoh Masyarakat, Akademisi, Praktisi, dan seluruh stakeholder. Tim inilah kemudian yang memberi masukan serta koordinasi kepada pemerintah. Kemudian tugas yang terpentingnya pula menyampaikan (penyambung suara) antara pemerintah kepada publik. Ini perang besar, semua elemen dari spektrum manapun harus dilibatkan. Bukan hanya meminta kesadaran atau inisiatif dari elemen dimasyarakat. Intervensi sosial harus segera dilaksanakan.

Pandemi virus Corona (Covid-19) adalah kejadian yang luar biasa. Menghadapinya juga harus menggunakan langkah dengan pemikiran yang luar biasa.

kita belum punya pengalaman tentang bagaimana menghadapi situasi krisis yang dihadapkan oleh musuh yang tak kasat mata. Semua tatanan berubah saat ini, pemerintah yang biasa mengambil keputusan sedikit lamban harus mengambil langkah cepat dan tepat. Biasa setiap kajian kebijakan melalui mekansime birokrasi yang panjang sekarang harus disederhanakan.

Bdalam mekanismenya maupun telaah pandangan hukum yang digunakan mungkin harus sedikit dikesampingkan.

Dalam situasi masyarakat yang tak menentu dan dihantui kecemasan atas berita yang beredar didinding media sosial, masyarakat butuh negara hadir. Masyarakat hanya butuh langkah strategis, taktis serta efektif dan efisiensi yang terukur.

Sekarang mari kita bersatu. Tak ada lagi wilayah kota atau kabupaten, tak ada lagi wilayah provinsi. Hanya ada satu nama dalam hati dan pikiran kita. Demi kemanusiaan yang ada di Bengkulu.

Saya juga menghimbau kepada para partisan atau influencer pendukung kandidat yang kental dengan suasana politis, mulai saat ini sampaikanlah kepada khalayak pesan yang hangat dalam persatuan.

Tada satu orangpun yang memanfaatkan situasi ini untuk menjadi komoditas politik. Tak ada yang boleh bermain di air yang keruh. Sebab ini ujian bersama kemanusian dan harus dihadapi bersama pula.

Terakhir, jaga diri dan keluarga. Pantau lingkungan sekitar, serta selalu berharap kepada Allah agar kita bisa melewati ini dengan tabah dan ikhlas. Tak ada ujian yang datang kecuali dari-Nya. Dan hanya kepadanya kita kembali memohon serta berserah diri.

Seperti sebuah falsafah jawa yang sering kita dengarkan; Sangkan Paraning Dumadi. Yaitu dalam filosofinya mengajarkan bahwa tujuan akhir dari kehidupan manusia adalah Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh: Agusrin M Najamudin.