Masalah Lahan Dalam PT.Agri Andalas,Ratusan Warga Demo Kantor Bupati

Benteng,independentnusantara.com– Sejak pagi,Halaman kantor bupati bengkulu tengah ini telah di penuhi ratusan warga dan personil kepolisian. Rabu(02/05/2018).dengan membawa sepanduk yang bertuliskan berbagai tuntutan, massa meminta bupati dapat menemui mereka. dalam orasinya, massa membeberkan jika ratusan hektar lahan milik mereka telah di kuasai oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit milik pt. agri andalas. untuk itu mereka mendesak pemerintah segera memfasilitasi terkait permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Sekitar satu jam menggelar orasi, perwakilan massa di perbolehkan masuk kedalam kantor bupati bengkulu tengah. dalam pertemuan tersebut, pemerintah bengkulu tengah berjanji akan memanggil pihak perusahaan untuk dimintai keterangan.” Kami hanya menuntut lahan yang merupakan hak kami. jujur kami btidak pernah menjual kepada pihak perusahaan selama ini. kalau memang pihak perushaan punya bukti kepemilikan ya silakan ambil,” ungkap tahan salah satu pemilik lahan, Tahan Simamora.

Usai menyampaikan aspirasinya, di depan kantor bupati Bengkulu Tengah, Ratusan warga akhirnya menutup akses jalan menuju perkebunan pt. agri andalas. penutupan ini dilakukan warga, agar aktivitas di perkebunan tersebut terhenti. penutupan akses jalan ini terus akan mereka lakukan, sampai pihak perusahaan memenuhi keinginan mereka.

Diketahui polemik lahan hgu perusahaan dan warga ini muncul pada saat warga ingin membuat sertifikat prona, namun proses terehnti karena pihak bpn ingin rekomendasi dari perusahaan tersebut.

Akhirnya, ratusan hektar lahan yang diklaim milik warga hingga kini belum bisa di proses, lantaran pihak perusahaan menolak memberikan rekomendasi tersebut kepada warga pemilik lahan.(yr)