Menguak Biaya Sewa Kursi Roda Jemaah Haji Bengkulu Selatan

BengkuluSelatan,independentnusantara.com- Musim haji menjadi ladang uang bagi para penjaja jasa sewa kursi roda  di Jamarat, Mina, Arab Saudi. Banyak jamaah haji usia lanjut yang kelelahan hingga harus menyewa kursi roda. Ironisnya, Sewa kursi roda pada musim haji seakan sudah menjadi ladang uang bagi mereka yang mengetahui dan memiliki kenalan di Arab Saudi.

Seperti pengakuan beberapa Jemaah Haji asal Bengkulu selatan ini, mereka mengaku bingung dengan besaran uang sewa kursi roda yang di bebankan kepada mereka. Kepada media ini mereka mengaku kalau uang sewa kursi roda sudah diinformasikan sebelum keberangkatan menuju Arab Saudi dengan nilai saat itu mencapai Rp.5 juta saja. Namun angka tersebut tenyata bertambah setelah tiba di Arab Saudi, jemaah haji kembali harus merogoh kocek mereka sebesar Rp.500 Ribu sebagai tambahan biaya sewa yang sebelumnya sudah mereka bayar Rp.5 juta. Itu artinya biaya sewa kursi roda jemaah haji Bengkulu selatan tembus Rp.5,5 Juta.

Tingginya angka sewa tersebut memaksa beberapa jemaah haji melakukan perbandingan kejemaah haji Indonesia lainnya, bahkan ada yang mencoba menemui penjaja jasa disana, Hasilnya terdapat jauh perbedaan biaya sewa kursi roda disana. Seperti dialami jamaah asal Bengkulu selatan yang saat itu merasa tidak sanggup lagi dan harus menggunakan kursi roda saat menjalani Tawaf, Ia hanya diminta biaya sewa kursi roda sebesar 100 Riyal atau Rp.400 Ribu saja.

“sampai saat ini kami masih bingung dengan ketetapan biaya sewa kursi roda, kenapa biaya kami justru sangat tinggi, padahal biaya tersebut sudah di koordinasikan oleh ketua rombongan kami sebelum kami berangkat. Sedangkan kalau kami mencari sendiri disana harga sewa jauh lebih murah,” ungkapnya.

Dikonfirmasi kepala kemenag Bengkulu selatan H.Arsan M Ibrahim mengatakan, akan melakukan konfirmasi kepada ketua roibongan yang memang  bukan dari lingkungan kandepag. Yang jelas kami tidak mengetahui kalau terjadi seperti itu, yang jelas kedepan jemaah haji bisa langsung melalui petugas darikandepag jika ingin menyewa kursi roda.

“ Itukan kesepakatan jemaah haji dengan ketua rombongan,jadi diharapkan kedepan kalau memang ada kendala dengan itu, jemaah haji harus berhubungan langsung dengan petugas kita, kitakan ada petugas kloter yang ditunjuk oleh kementrian agama jangan lagi sama orang yang  bukan bidangnya,”Ujar Kepala kemenag Bengkulu Selatan H.Arsan M Ibrahim.(Nis)