Menyongsong Adipura Paripurna, Peran DPKPCK Bakal Lebih Dominan

MALANG, JAWA TIMUR – Kota Kepanjen sebagai ibu kota Kabupaten Malang terus bersolek. Berbagai pembangunan dengan konsep green dan smart city terus diwujudkan di berbagai wilayah kota Kepanjen.

Selain untuk menjaga konsep pembangunan kota yang berkelanjutan dan tidak terjebak terhadap kondisi tata ruang dan wilayah yang tak terkendali, proses tersebut juga sebagai upaya dalam mewujudkan Kepanjen sebagai peraih Adipura Paripurna di tahun 2018.

“Kita tentunya berusaha untuk meraih puncak Adipura Paripurna. Setelah beberapa kali memperoleh adipura Kencana ” kata Abai Saleh Camat Kepanjen, Kamis (22/2)

Untuk merealisasikan harapan tersebut, Abai menyebut peran Dinas Perumahaan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang sangat dominan dalam mewujudkan Kepanjen sebagai peraih Adipura Paripurna.

Seperti diketahui, dinas di bawah kepemimpinan Ir.Wahyu Hidayat memiliki tupoksi untuk melakukan berbagai pembangunan sarana prasarana dalam mendukung pertumbuhan wilayah di Kabupaten Malang. Khususnya di jantung ibu kota Kepanjen.

Berbagai pembangunan yang dilakukan, seperti ruang terbuka hijau di Talangagung, Jalibar serta berbagai area sempadan sungai. Selain itu DPKPCK juga membangun berbagai taman, pepohonan, branding logo Malang Kabupaten serta penataan wilayah perkotaan. Hal ini secara langsung telah membuat wajah Kepanjen semakin terlihat indah dan nyaman untuk dijadikan hunian masyarakat.

“Banyak kegiatan DPKPCK yang bersinergi dengan kami dalam mewujudkan green dan smart city di Kepanjen ini. Tentunya hal ini membuat kami optimis meraih Adipura Paripurna selain itu juga membentuk kota masa depan yang nyaman dan aman,” papar mantan camat Sumbermanjing Wetan ini.

Sementara itu Ir.Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, berulang kali menyampaikan, bahwa Kepanjen sebagai pusat kota memang menjadi salah satu prioritas dinas yang di pimpinnya.

Berbagai pembangunan, ujar Wahyu bertujuan mewujudkan keindahan, kenyamanan bagi masyarakat Kepanjen, secara intensif terus dilakukan.

“Kepanjen adalah wajah Kabupaten Malang, maka tentunya kita kuatkan penataan dan infrastruktur lainnya untuk merealisasikan target tersebut,” beber Wahyu Kamis sore (22/2).

Berbagai penghargaan Adipura yang kerap diboyong oleh Kepanjen, tidak lepas dari adanya peran dan sinergi DPKPCK dengan Muspika Kecamatan Kepanjen serta masyarakat.

Bahkan, imbuh Wahyu, pihaknya telah selesai melakukan berbagai pembangunan berskala besar di wilayah Kepanjen dalam rangka mewujudkan harapan masyarakat.

“Seluruh yang kita bangun tahun lalu sudah diresmikan langsung Bapak Bupati Malang. Misalnya taman-taman Jalibar, berbagai ikon Malang Kabupaten. Sampai pada pembangunan kolam renang bertaraf internasional di Kanjuruhan sebagai pelengkap infrastruktur sebuah kota, ” pungkas mantan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang ini.(GT)