Pemdes Datar Ruyung, Gelar Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Bebasis Masyarakat Libatkan Polres Bengkulu Utara

Bengkulu Utara, IN -Pemerintah Desa Datar Ruyung Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara mengadakan Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Dengan Tema “Mari lindungi anak dari kekerasan dan kenakalan, karena anak adalah Generasi Penerus Bangsa” acara yang dilaksanakan hari sabtu tanggal 27 Juli 2019 di Aula Balai Sanggar Seni desa datar ruyung.

Acara Pelatihan tersebut di buka oleh camat kota Arga Makmur Jon Kenedi. Dan Pesertanya adalah pemerintah desa datar ruyung, tokoh masyarakat, tokoh muda, mahasiswa UMB, Fasiltator PATBM

Kabupaten Bengkulu Utara, Anak-anak desa datar ruyung serta Aktivis PATBM Desa Datar Ruyung, peserta sekitar kurang lebih 45 Orang

Dalam sabutannya Kepala Desa Datar Ruyung mengatakan kegiatan ini kami lakukan setiap tahun, mengingat anak sangat penting bagi kami, karena anak-anak kita zaman sekarang menghadapi serta canggih yaitu HP Android.

Kegiatan ini kami lakukan berdasarkan APBDESA Datar Ruyung tahun 2019 dengan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga, pada kegiatan Pelatihan dan Penyuluhan Perlindungan Anak.

Saya berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik karena ini sangat penting kita lakukan dan laksanakan, mengasuh dan melindungi anak tidak bisa dari satu pihak saja mari kita bekerja sama, orang tua, keluarga, sekolah, pemerintah termasuk pemerintah desa dan juga masyarakat. Insya allah kegiatan ini nanti bisa berguna bagi kita semua.

Camat Arga Makmur Jon Kenedi mengatakan kami memberi apresiasi kegiatan desa datar ruyung ini, mengingat saat ini anak-anak kita perlu bimbingan dari berbagai pihak, karena tanpa ada kepedulian kita bersama terutama orang tua dan pemerintah desa setempat anak-anak kita bisa saja melakukan hal-hal yang merugikan dirinya sendiri.

Memang kecamatan kota Arga Makmur semua desa mengadakan pelatihan perlindungan, ini di fasiltasi oleh Forum Sekdes Kota Arga Makmur, kegiatan ini memang perlu kita adakan, saya juga berharap pemdes setempat bisa membuat perdes yang ada merugikan terhadap anak itu sendiri, seperti yang marak saat ini, lem Aibun, Tuak, dan komik buat perdes larangan menjual itu di desa ini, rembuk dengan tokoh masyarakat, adat, sarak, karang taruna dan BPD setempat ini salah satu mencegah terhadap anak kita sendiri.

Dalam acara tersebut mendatangkan Narasumber dari Polres Bengkulu Utara yaitu Kasat Reskrim Polres Bengkulu Utara AKP Jery Antonius Nianggolan, Kanit PPA Polres Bengkulu Utara Septy Andriani, SH,

membawa tema tentang perlindungan anak dan penegakan hukum jika terjadi kekerasan terhadap anak, Dari Dinas PPA Bengkulu Utara Budiman S.Pd M.Pd tentang Perlindungan anak dari kekerasan yang ada di Bengkulu Utara dan Fasilitator APTBM Kabupaten Bengkulu Utara Pak Baharudin dengan tema Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di kalangan masyarakat. (Adv/Ali)