Proyek Pamsimas III di Desa Ini Mulai Dikeluhkan

Tidak ada komentar 279 views

Benteng,in- Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III didesa Air Putih Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang dibangun tahun 2018 lalu mulai dikeluhkan warga.sebagian warga mengaku keberadaan Pamsimas didaerahnya tidak membantu dalam mengatasi Masalah air yang kerap melanda kawasan tersebut.

Bahkan pembangunan Proyek yang menelan anggaran mencapai Ratusan juta itu disinyalir hanya menguntungkan sejumlah pihak saja, seperti keberadaan sumur Bor yang seharusnya mampu mengatasi kebutuhan air didesa tersebut,namun nyatanya hanya untuk beberapa warga saja.

salah seorang warga desa air putih yang  tak ingin namanya disebutkan mengaku,proses perpipaan pada pembangunan pam simas  ini seluruh warga dilibatkan dengan sistem gotong royong (tanpa Upah) untuk menggali saluran pipa yang melewati rumah masing-masing  dengan  iming-iming  akan mendapat air dari proyek pamsimas tersebut. namun faktanya setelah pipa tertanam ternyata saluran tersebut hanya melintas tanpa ada saluran kerumah – rumah warga,” saya saat itu ikut menggali tanah untuk pipa didepan rumah saya,namun sampai saat ini air tersebut tidak dialirkan kerumah saya. katanya harus bayar Rp.75 Ribu baru bisa mandapat air.kini kita mau bayar tapi nggak tau bayar sama siapa,”ungkapnya.

Anehnya, kendati sudah sering dikeluhkan oleh warganya, Pemerintah Desa terkesan tidak peduli terhadap kondisi yang tengah dihadapi warganya.PJS kepala Desa (kades) Air Putih Syaiful mengatakan proyek Pamsimas tahun 2018 itu bukan tanggung jawabnya,”kalau masalah Pamsimas itu bukan tanggung jawab saya,” katanya.

Sementara Sektretaris Desa (Sekdes) Yudi mengaku,aliran pamsimas tersebut memang kita pasang secara bertahap itu sesuai dengan petunjuk tekhnis dan sudah disosialisasikan,” Jadi kalau masalah air pamsimas itu sudah sering kita sampaikan setiap ada pertemuan,kalau pemasangan aliran air kerumah warga kita pasang secara bertahap,” jelas yudi.

Untuk diketahui, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.(red)