PUPR Rejang Lebong Utamakan Pembangunan Irigasi

Tidak ada komentar 208 views

Rejang Lebong, independentnusantara.com – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2018 ini rencananya akan meningkatkan irigasi di daerahnya.  Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR RL Yusran Fauzi melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Akhyar ST.

“Tahun ini bidang SDA akan membangun irigasi baru mengingat irigasi lama banyak yang rusak sehingga tidak dapat digunakan petani,” ungkap Akhyar.

Dijelaskannya, tahun ini telah disiapkan pekerjaan fisik irigasi senilai Rp. 3,5 Milyar untuk 5 paket pekerjaan. Diantaranya 2 paket terletak di desa Durian Mas kecamatan Kota Padang, 1 paket di desa Kejalo kecamatan Curup Timur, 1 Paket di desa Rimbo Recap kecamatan Curup Selatan.

“Sedangkan sisanya satu paket pekerjaan di Desa Pelalo kecamatan Sindang Kelingi,” jelasnya.

Selanjutnya jelas Akhyar ,kelima paket pekerjaan irigasi tersebut sampai saat ini belum lelang namun telah siap tayang. Kemungkinan, dalam waktu dekat akan segera di lelang melalui ULP kabupaten Rejang Lebong.

“Proses lelang dalam waktu dekat akan segera ditayangkan,” katanya.

Mengenai kegiatan rutin,  untuk pemeliharaan irigasi tahun ini di Bidang SDA mendapatkan dana sebesar 250 Juta. Dirinya berharap, dengan adanya peningkatan fisik dan pemeliharaan dapat meningkatkan hasil pertanian.

“Mudah-mudahan dengan adanya pekerjaan fisik dan pemeliharaan tersebut dapat membantu para petani dan meningkatkan hasil panen mereka dengan maksimal,” demikian Akhyar. (a-s/adv)