Ternak Berkeliar, Satpol BS Salahkan Pemilik Ternak

Tidak ada komentar 144 views

Bengkulu selatan,independentnusantara.com– Plt Kepala Dinas Sapol PP dan Pemadam Kabakaran Suhardi Latif mengatakan ternak masih berkeliaran bahkan kerab menjadi perhatian di jalan lintas kota yakni di lingkungan kantor bupati BS. Kesadaran warga pemilik hewan ternak masih belum sadar akan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, Peraturan Daerah (Perda). Pasalnya, hewan ternak jenis kerbau masih saja dibiarkan berkeliaran. Seperti yang terjadi, di jalan Padang Panjang Kecamatan Kota Manna tepatnya didepan Kantor Bupati BS oleh pantau awak media.

Namun tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan korban jiwa. Sejujurnya persoalan ini bukan berada di Sapol PP sebagi penegak perda, itu seharunya ada di masyarakat karena dalam perda sudah jelas dilarang lepas ternak disanksi bila melanggar.

‘’Selama ini disalahkan adalah Sapol PP dalam penertiban ternak padahal yang salah itu adalah masyarakat pemilik ternak artinya selama ini masyarakat tidur, abaikan aturan. Bukannya masyarakat, Kepala Desa, Camat dan Lura ikut tidur,’’tegas Suhardi.

Lanjut Suhardi, jika hanya menghandalkan Sapol PP, penegakan perda ternak tidak akan berhasil, diharuskan selurunya terlibat misalnya di desa terbitkan perdes ternak. Bila sama-sama bersenerji akan berhasil penindakan seperti ternak.

“Sapol PP banyak kekurangan dalam hal ini personil, biaya oprasional minim. Guna mendukung pencapaian penegakan perda pemerintah harus bersenerji, jika itu ada dipastikan persoalan yang selama ini menjadi persoalan akan teratasi,’’pungkas Suhardi.(111)