Tiga Kabupaten di Provinsi Bengkulu Zona Hijau

Tidak ada komentar 166 views

BENGKULU,IN _Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, sebanyak tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu sudah ditetapkan menjadi zona hijau Covid – 19 yakni Kabupaten Mukomuko, Seluma dan Lebong.

Dua Kabupaten yakni Mukomuko dan Seluma dinyatakan nol kasus konfirmasi positif Covid – 19 setelah seluruh pasien positif Covid – 19 dinyatakan sembuh.

Sedangkan kabupaten Lebong sejak awal sudah ditetapkan zona hijau karena tidak ada kasus positif Covid -19.

“Sekarang sudah ada tiga kabupaten yang sudah zona hijau, Kabupaten lainnya menyusul,” kata Herwan, kamis,(02/07).

Saat ini sejumlah Kabupaten di Provinsi Bengkulu masih berstatus zona kuning. Meskipun seluruh pasien positif Covid -19 telah dinyatakan sembuh, yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur dan Bengkulu Utara.

Menurut Herwan, ada tiga syarat yang harus dipenuhi bagi daerah berstatus zona kuning menjadi zona hijau, yaitu tidak ada kasus positif sejak awal, kasus positif yang ada sudah sembuh dan tidak ada penambahan kasus selama satu bulan terakhir.

Sebelumnya, di Kabupaten Seluma terdapat tiga kasus positif Covid -19 dan di Kabupaten Mukomuko terdapat satu kasus positif.

“Untuk Bengkulu Selatan, Kaur dan Bengkulu Utara sangat berpeluang menjadi zona hijau,” kata Herwan.

Enam kabupaten saat ini yang berstatus zona kuning yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur dan Bengkulu Selatan.

Sedangkan Kota Bengkulu masih berstatus zona oranye karena menjadi daerah dengan kasus konfirmasi positif terbanyak di Provinsi Bengkulu yakni dengan 95 kasus dan 59 kasus telah dinyatakan sembuh.

“Hampir 80 persen kasus positif Covid di Kota telah dinyatakan sembuh dan 10 orang dinyatakan meninggal dunia,” kata Herwan.

Hingga hari ini kasus konfirmasi positif di Provinsi Bengkulu sebanyak 129 kasus dan 90 dinyatakan sembuh.(red)