Tiga Kepala Daerah Akan Ikut Bursa Pilgub Bengkulu

Tidak ada komentar 149 views

BENGKULU,IN – Petahana Rohidin Mersyah berencana akan menggelar deklarasi maju dalam Pemilihaan Gubernur (Pilgub) 9 Desember mendatang. Rencana deklarasi itu nantinya akan dilakukan, setelah mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan untuk mengusung Rohidin Mersyah di Pilgub.

Namun demikian, sebelum menggelar deklarasi, Rohidin Mersyah akan mengumumkan secara resmi kepada masyarakat Bengkulu, untuk majunya dalam Pilgub. Pengumuman itu dilakukan, lantaran Rohidin Mersyah sudah mendapatkan dua perahu dari parpol. Yaitu Partai Golkar dengan 7 kursi di DPRD Provinsi dan PKS yang memiliki 3 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

“Dalam waktu dekat ini, akan diumumkan dulu, kalau Pak Rohidin itu benar-benar akan maju dalam Pilgub,” terang Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Zulkarnain Kaka Jodho kepada. Minggu (19/07).

Zulkarnaen mejelaskan dengan telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar dan PKS, maka syarat maju dalam Pilgub 9 kursi sudah di penuhi. Sebab, Rohidin Mersyah saat ini sudah mengantoi 10 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

“Kalau dari syarat maju pencalonan itu sudah cukup. Jadi ini yang diumumkan dulu,” tambah Zulkarnaen

Tidak hanya dari Partai Golkar dan PKS saja, Rohidin Mersyah saat ini juga masih tengah menunggu rekomendasi dari PDI Perjuangan. Zulkarnain mengklaim, rekomendasi dari PDI Perjuangan itu tinggal menunggu waktu saja. Ketika rekomendasi tersebut telah didapatkan, maka deklarasi besar-besaran akan dilakukan. Bahkan rencananya deklarasi itu akan mengusung nilai sejarah. Ada tiga opsi tempat yang dirancang sebagai lokasi deklarasi, yaitu di Benteng Marlborough, Rumah Fatmawati dan Rumah Soekarno yang berada di Jalan Anggut Kota Bengkulu.

“Jadi seteleh itu deklarasi kita lakukan bersama-sama,” jelas Zulkarnaen.

Tidak menutup kemungkinan, menurut Zulkarnain, dari parpol lain juga masih berpeluang memberikan dukungan. Langkah tersebut sampai saat ini terus dikomunikasikan bersama masing-masing parpol.

“Insyallah dukungan dari parpol lain masih ada,” tuturnya.

Terkait balon wakil gubernur yang akan mendampingi Rohidin Mersyah, diterangkan Zulkarnain, mengapresiasi PKS yang sudah memberikan rekomendasi tanpa mensyaratkan balon wagub dari kader PKS. Nantinya Rohidin Mersyah yang akan menentukan secara sendiri, balon wagub mana yang tepat mendapinginya. Tinggal lagi nantinya di PDI Perjuangan, kader mana yang akan direkomendasi untuk mendampingi Rohidin Mersyah. Namun demikian, nama balon wagub dari kader PDI Perjuangan yang kuat akan diusung ialah Rosjonsyah, yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Lebong dua periode.

“Harapannya bagitu. Kita tunggu rekomendasi dari PDI Perjuangan,” ungkap Zulkarnain.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Provinsi Bengkulu, Sujono mengatakan, DPP PKS memang telah mengeluarkan surat rekomendasi Pilgub untuk Rohidin Mersyah. Tinggal nanti penentuan balon wagub, yang diserehkan sepenuhinya oleh Rohidin Mersyah untuk memilih.

“Silahkan nanti Pak Rohidin yang memilih, kita berikan kewenangan,” ungkap Sujono.

Diketahui pada pemilihan Gubernur mendatang berbagai nama ikut mencuat akan ikut dalam bursa pemelihan tersebut, termasuk Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi yang dipastikan akan ikut mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Bengkulu, bahkan terdengar kabar mantan Gubernur Bengkulu dua priode Agusrin M Najamudin juga dikabarkan akan maju pada bursa pilkada Desember mendatang.

Namun meski telah ada pasangan yang telah mengantongi rekomendasi dukungan dari partai politik, belum ada calon yang akan ikut bursa pemilihan gubernur yang menyatakan akan maju secara resmi, tapi sejumlah baliho dan spanduk bakal calon telah mewarnai tiap sudut kota dan kabupaten di Provinsi Bengkulu.(red)